Pages

Senin, 03 Oktober 2011

KULIAH PERDANA PPs UNIVERSITAS RIAU TAHUN 2011

Pekanbaru/1 Oktober 2011

Program Pascasarjana (PPs) Universitas Riau menyelenggarakan Kuliah Perdana bagi mahasiswa baru program magister dan doktor di lingkungan PPs Universitas Riau untuk Semester Ganjil 2011/2012 dalam rangka orientasi kampus dan akademika, mengenal secara umum kedudukan dan fungsi dari PPs Universitas Riau, proses perkuliahan dan administrasi akademika.. Kuliah yang diselenggarakan pada hari Sabtu tanggal 1 Oktober 2011 bertempat di Ruang Serbaguna Gedung Rektorat Lt.IV Universitas Riau, Kampus Widya – Panam, Pekanbaru.

Pada kuliah perdana ini mengambil tema: “Nilai Strategis Program Pascasarjana Dalam Mendukung Terwujudnya Universitas Riset”. Dalam kuliah perdana ini berkesempatan menjadi pemapar materi seputar Universitas Riau dan PPs Universitas Riau, diantaranya: Prof. Dr. Aras Mulyadi, DEA (Pembantu Rektor I UR), Prof. Dr. H.B. Isyandi, SE, MS (Direktur PPs UR), Prof. Dr. Zulfan Saam, MS (Ketua Prodi Ilmu Lingkungan PPs UR), Dr. Khairul Anwar, MSi (Ketua Prodi Ilmu Politik PPs UR) dan Dr. Meyzi Heriyanto, S.Sos, MSi (Ketua Prodi Ilmu Administrasi PPs UR).

Kuliah perdana ini dibuka secara resmi oleh Pembantu Rektor I Universitas Riau. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa Program Pascasarjana Universitas Riau merupakan ujung tombak untuk mewujudkan Universitas Riau sebagai universitas riset. Beliau juga berkesempatan menjadi narasumber utama dalam perkuliahan ini. Beliau menyampaikan tentang Visi Universitas Riau, yaitu: “Universitas Riset Berbasis Pengembangan Kawasan Perairan dan Budaya Melayu”. Visi ini untuk mendukung Visi Provinsi Riau. Dengan demikian, untuk menjalankan fungsi perguruan tinggi maka Universitas Riau: (1) Melakukan pendidikan bermutu, (2) Melakukan penelitian yang bermanfaat, dan (3) Pengembangan IPTEK, Seni dan Budaya demi kesejahteraan masyarakat.

Narasumber kedua pada kuliah perdana ini adalah Direktur PPs Universitas Riau. Dalam pemaparannya, beliau menyampaikan Visi PPs Universitas dalam menterjemahkan Visi Universitas Riau, yaitu “Menjadi Lembaga Pendidikan Pascasarjana Terkemuka di Indonesia dan Diakui oleh Dunia Pendidikan Internasional”.
Dengan demikian, misi dari PPs Universitas Riau adalah: melaksanakan tridharma perguruan tinggi dalam rangka menghasilkan lulusan setingkat magister dan doktor dengan kualitas akademik terbaik di Indonesia dan diakui dunia Internasional dalam bidangnya masing-masing. Melalui visi dan misi tersebut, PPs Universitas Riau menyusun tujuan, sasaran dan strategi pendidikan yang dilakukan.

Pemaparan dari 3 (tiga) orang narasumber lainnya dari Ketua-ketua Program Studi di lingkungan PPs Universitas lebih menitikberatkan pada profil masing-masing program studi PPs Universitas Riau, terutama dari program studi yang diwakili oleh narasumber. Hal-hal yang disampaikan secara garis besar meliputi: pengenalan akademik, bentuk-bentuk kerjasama penelitian yang dilakukan, profil lulusan yang telah eksis di bidangnya masing-masing, sumber-sumber pembiayaan yang dapat diakses untuk membantu pembiayaan, rasio dan kualitas dosen pengajar.

Semua pemaparan materi yang dilakukan secara panel dimoderatori oleh Dr. Hasanuddin, MSi yang pada saat ini menjabat sebagai Asisten Direktur I Program Pascasarjana Universitas Riau.

Acara perkuliahan yang dibuka pada pukul 09.00 WIB akhirnya ditutup secara resmi pada pukul 12.00 WIB oleh Direktur PPs Universitas Riau. Dalam sambutan penutupannya, beliau menyampaikan bahwa kuliah perdana ini diharapkan dapat memberikan gambaran umum kepada mahasiswa PPs Universitas Riau dan menjadi langkah awal mahasiswa dalam meraih gelar magister maupun doktor di PPs Universitas Riau. (miswadi).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar