Pages

Jumat, 19 April 2013

PENGELOLAAN KEUANGAN KOPERASI PERIKANAN PANTAI MADANI

POLA AKUNTANSI KOPERASI
oleh Miswadi (Mangrove Research Institute/Konsultan Pendamping Koperasi)

Proses akuntansi koperasi

Proses akuntansi adalah proses pengolahan data keuangan sejak terjadinya transaksi, kemudian transaksi ini memiliki bukti yang sah sebagai dasar terjadinya transaksi. Berdasarkan data atau bukti ini maka data transaksi di-input ke proses pengolahan data sehingga menghasilkan output berupa laporan keuangan. Proses akuntansi yang dilakukan oleh Koperasi Perikanan Pantai Madani secara sederhana dapat ditunjukkan pada gambar berikut.


Gambar 1.
Proses Akuntansi pada Koperasi Perikanan Pantai Madani

Transaksi yang terjadi dicatat pada buku-buku yang dibuat koperasi sesuai dengan jenis transaksinya. Untuk transaksi penjualan dicatat pada buku penjualan, begitu pula dengan transaksi-transaksi lainnya berupa transaksi yang bekaitan dengan persediaan, kas, piutang, simpanan dan pinjaman. Kondisi ini terjadi pada unit-unit usaha koperasi.

Kemudian dari pencatatan tersebut dirangkum dalam rekapitulasi pencatatan keuangannya. Sebagai contoh, rekapitulasi pada buku kas akan terdiri dari pemasukan kas sesuai dengan jenis transsaksinya, beban-beban usaha sesuai dengan jenis bebannya seperti biaya transportasi, biaya komunikasi dan sebagainya, dirangkum selengkap mungkin untuk dapat merangkum akun-akun yang dapat memberikan informasi lengkap. 

Format pencatatan pada masing-masing buku yang dibuat koperasi adalah berbeda-beda. Berikut diuraikan format pencatatan pada masing-masing buku pada Koperasi Perikanan Pantai Madani.

Format pencatatan buku kas

Format pencatatan pada buku kas memuat informasi tentang urutan transaksi, tanggal transaksi, uraian transaksi, nomor akun, jumlah penerimaan (debet), jumlah pengeluaran (kredit), dan selisih penerimaan dan pengeluaran (saldo). Format pencatatan buku kas ditampilkan pada gambar berikut.

Gambar 2.
Format Pencatatan Buku Kas


Keterangan untuk No adalah penomoran secara urut berdasarkan urutan terjadinya transaksi. Tanggal adalah tanggal terjadinya transaksi. Uraian adalah jenis transaksi yang terjadi. No Akun adalah akun-akun yang ditentukan oleh koperasi untuk memberikan batasan atau mengelompokkan jenis-jenis transaksi. Debet adalah jenis transaksi masuk (penerimaan kas) tercatat dalam satuan rupiah. Kredit adalah jenis transaksi keluar (pengeluaran kas) dalam satuan rupiah. Saldo adalah posisi keuangan akhir transaksi. Format ini menggunakan persamaan matematis penjumlahan dan pengurangan yang sederhana. Pola pencatatan ini dikenal dengan pencatatan model saldo berjalan dengan single entry. Penjelasannya sebagaimana tabel berikut:




SALDO
baris pertama


=debet1
baris kedua


=saldo1 + debet2 – kredit2
baris ketiga


=saldo2 + debet3 – kredit3
dst


dst
Format pencatatan buku penjualan

Format pencatatan yang dilakukan koperasi pada buku penjualan adalah pencatatan sederhana yang memuat informasi tentang tanggal transaksi, jenis barang terjual, jumlah barang terjual, harga beli (harga pokok penjualan), jumlah penjualan berdasarkan harga beli, harga jual (pendapatan), jumlah penjualan berdasarkan harga jual dan pendapatan kotor (selisih jumlah penjualan berdasarkan harga jual dengan jumlah penjualan berdasarkan harga beli). Format pencatatan buku penjualan ditampilkan pada gambar berikut.

Gambar 3.
Format Pencatatan Buku Penjualan


Penjelasannya yaitu No adalah nomor urut penjualan. Tanggal adalah tanggal terjadinya transaksi penjualan. Jenis Barang adalah jenis barang yang terjual. Banyaknya adalah jumlah barang yang terjual. Satuan berupa sebutan kelompok barang yang berupa kilogram, liter, buah, helai dan sebagainya. Harga Beli adalah harga pembelian barang. Total-1 adalah jumlah penjualan barang pada transaksi tersebut dalam rupiah (perkalian antara banyak penjualan dengan harga beli). Harga Jual adalah harga penjualan barang yang ditetapkan koperasi. Total-2 adalah jumlah penjualan barang pada transaksi tersebut dalam rupiah (perkalian antara banyak penjualan dengan harga jual). Pendapatan Kotor adalah selisih jumlah penjualan berdasarkan harga jual dengan jumlah penjualan berdasarkan harga beli.

Format pencatatan buku piutang

Format pencatatan pada buku piutang menampilkan informasi piutang yang diberikan dan piutang yang dibayarkan. Format pencatatannya hampir sama dengan format pencatatan buku kas. Masing-masing orang (anggota/bukan anggota) memiliki satu pencatatan tersendiri. Format pencatatan buku piutang ditampilkan pada gambar berikut.

Gambar 4.
Format Pencatatan Buku Piutang


Untuk keterangan nomor, tanggal, uraian, nomor akun, debet, kredit dan saldo sama dengan penjelasan pada format buku kas, namun pada kasus ini adalah lebih kepada kasus piutang. Dalam buku piutang, transaksi yang terjadi adalah transaksi pemberian piutang dan transaksi pembayaran piutang serta transaksi piutang pada awal bulan. Transaksi pembayaran piutang diletakkan pada kolom kredit (mengurangi jumlah piutang), sementara transaksi pemberian piutang diletakkan pada kolom debet (menambah jumlah piutang).

Format pencatatan buku persediaan

Format pencatatan pada buku persediaan menampilkan informasi tentang tanggal persediaan dibeli, jenis persediaan, jumlah persediaan, harga pembelian persediaan dan jumlah persediaan dalam rupiah. Format buku persediaan sebagaimana disajikan pada gambar berikut.

Gambar 5.
Format Pencatatan Buku Persediaan


Keterangan untuk No adalah nomor urut pembelian persediaan. Tanggal adalah tanggal terjadinya transaksi pembelian persediaan. Jenis Barang adalah jenis barang atau persediaan yang dibeli. Banyaknya adalah jumlah barang atau persediaan yang dibeli. Satuan berupa sebutan kelompok barang yang berupa kilogram, liter, buah, helai dan sebagainya. Harga adalah harga pembelian barang persediaan. Total adalah jumlah pembelian barang atau persediaan pada transaksi tersebut dalam rupiah (perkalian antara banyaknya pembelian persediaan dengan harga).

Format pencatatan buku simpanan

Format pencatatan buku simpanan menampilkan informasi tentang simpanan masing-masing anggota pada koperasi yang terdiri dari simpanan pokok, simpanan wajib dan simpanan sukarela, sebagaimana gambar berikut.

Gambar 6.
Format Pencatatan Buku Simpanan


Untuk keterangan nomor, tanggal, uraian, nomor akun, debet, kredit dan saldo sama dengan penjelasan pada format buku kas ataupun buku piutang, namun pada kasus ini adalah lebih kepada kasus simpanan. Dalam buku simpanan, transaksi yang terjadi adalah transaksi pembayaran simpanan dan transaksi penarikan simpanan.

Transaksi pembayaran simpanan terjadi untuk jenis simpanan pokok (hanya satu kali), pembayaran simpanan wajib (setiap bulan idealnya) dan pembayaran simpanan sukarela (sewaktu-waktu). Sementara transaksi penarikan simpanan hanya terjadi untuk simpanan sukarela, karena simpanan pokok dan simpanan wajib hanya boleh dilakukan penarikan jika anggota telah berhenti atau diberhentikan dari keanggotaan koperasi.

Untuk pembayaran simpanan diletakkan pada kolom debet (menambah jumlah simpanan), sementara transaksi penarikan simpanan diletakkan pada kolom kredit (mengurangi jumlah simpanan). Pada setiap awal dan akhir bulan harus direkapitulasi jenis simpanan anggota tersebut, sehingga baris 1, 2 dan 3 berisi tentang masing-masing jumlah jenis simpanan anggota, begitu pula baris 1, 2 dan 3 dari baris akhir buku catatan.

Format pencatatan buku pinjaman

Format pencatatan pada buku pinjaman menampilkan informasi tentang jumlah pinjaman dan angsuran yang dilakukan oleh masing-masing debitur. Format pencatatannya hampir sama dengan pencatatan pada buku kas dan buku piutang yaitu menggunakan model saldo berjalan. Pada kasus ini adalah untuk pencatatan pinjaman yang diperuntukkan untuk masing-masing debitur.

Transaksi yang terjadi dalam pencatatan pinjaman adalah pemberian pinjaman, terjadi satu kali pada saat awal penyaluran pinjaman oleh koperasi kepada debitur. Kemudian dilanjutkan dengan pembayaran angsuran pinjaman oleh debitur sesuai dengan tenggat waktunya.

Perbedaan piutang dengan pinjaman menurut persepsi koperasi adalah bahwa piutang diberikan tanpa plafond (sesuai kemampuan dan kesediaan koperasi), tanpa batas tempo (dapat dibayar sewaktu-waktu), ada tidak ada kewajiban membayar jasa serta tidak menggunakan persyaratan administrasi. Sementara pinjaman diberikan atas dasar pengajuan, berdasarkan plafond, memiliki aturan tersendiri, menggunakan persyaratan administrasi, memiliki batas waktu pembayaran, ada angsuran yang ditetapkan berdasaarkan jumlah dan waktu pembayaran, dan memiliki kewajiban membayar jasa pinjaman. Format pencatatan buku pinjaman sebagaimana gambar berikut.

Gambar 7.
Format Pencatatan Buku Pinjaman


Dalam buku pinjaman, transaksi yang terjadi adalah transaksi pemberiaan pinjaman, dicatat pada kolom kredit (menambah jumlah pinjaman) dan transaksi pembayaran angsuran pinjaman dicatat pada kolom debet (mengurangi jumlah pinjaman). (msd/19.04.2013/koperasi)

3 komentar:

  1. LOI THERESA

    Pada masa ini, kami memberi pinjaman kepada orang Asia Asia liar pertaruhan dunia liar

    negara dan sebagainya. @ 2% Kadar Faedah dengan NO KAWALAN KREDIT dari USD5000, hingga berbilion dolar dalam tempoh 12-144 Bulan.

    REMUNERASI LENDING kami bermula dalam masa 3 bulan selepas penerima menerima pinjaman pada hari kelulusan dan kami menawarkan pelbagai

    daripada pinjaman, termasuk:
    * Penyatuan hutang
    * Pinjaman Perniagaan
    * Pinjaman Peribadi
    * Pinjaman Rumah
    * Pinjaman Kewangan Kereta

    ✔. Senarai hitam boleh dikenakan

    ✔. NO CHECK CREDIT

    Kajian ✔.Debt atau perintah mahkamah boleh dikenakan

    ✔.ETC boleh memohon.
    Pinjaman Tunai Theresa Syarikat ini adalah a

    filem pinjaman berdaftar dan dibenarkan dan kami menawarkan pinjaman kepada semua warganegara yang tersenarai hitam, tidak semak KREDIT.

    Terapkan sekarang dengan nombor mudah alih anda, nombor ID, nama penuh, jumlah pinjaman dan tempoh pinjaman kepada E-mel

    : Nombor pejabat Theresaloancompany@gmail.com ++ 12817208403

    Untuk kejelasan lanjut, jangan ragu untuk menghubungi kami atau WhatsApp (+12817208403).

    Salam sejahtera,

    Ada

    Pengiklan Pinjaman (Pr),

    Pinjaman Theresa 📩

    BalasHapus
  2. Lanjutkan dengan laporan neraca

    BalasHapus
  3. Tlg bagikan contoh laporan/neraca koperasi nelayan?

    BalasHapus