Pages

Senin, 07 Mei 2012

LAPORAN PESERTA


BIMBINGAN DAN KONSULTASI PENINGKATAN STANDAR KOMPETENSI KONSULTAN PENDAMPING LPB/BDS-P

kerjasama
KEMENTERIAN KOPERASI DAN UKM REPUBLIK INDONESIA
UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA
Surakarta, 22-27 April 2012


disusun oleh: 
BDS-BAHTERA MELAYU-RIAU




Pendahuluan
Peran Konsultan Pendamping LPB/BDS-P sebenarnya sudah harus dibutuhkan dalam upaya memajukan dan mengembangkan KUMKM yang mandiri dalam menyikapi perspektif perekonomian dewasa ini. Dengan demikian diperlukan suatu upaya untuk meningkatkan kemampuan konsultan dalam memberikan jasa layanan yang memiliki standar kompetensi yang layak. Kementerian Koperasi dan UKM bekerjasama dengan Universitas Sebelas Maret Surakarta menyelenggarakan kegiatan Bimbingan dan Konsultasi Peningkatan Standar Kompetensi Konsultan Pendamping LPB/BDS-P untuk para Konsultan BDS-P di seluruh daerah di Indonesia mulai dari Angkatan I hingga Angkatan V.
Pelaksanaan kegiatan ini lebih menitikberatkan kepada memberikan pembekalan kemampuan atau standar kompetensi bagi konsultan BDS-P agar lebih mampu memberikan jasa layanan kepada KUMKM di daerah. Dengan kegiatan ini, selain menambah kapasitas konsultan juga terbangun suatu jaringan kerja (networking) antar konsultan yang terhimpun dalam Asosiasi BDS Indonesia sehingga mampu terjadi proses sharing pengalaman dan terjadi upaya pemecahan masalah secara bersama.
Namun demikian, eksistensi BDS didaerah tidak akan terjadi tanpa peran BDS tersebut di daerah dan tidak hanya sebatas dari pelatihan ke pelatihan tetapi lebih mengarah kepada aksi nyata terhadap pendampingan KUMKM di daerah dan mampu mengembangkan bentuk layanan untuk memajukan KUMKM di daerah sehingga KUMKM mampu bersaing di tingkat pasar bebas tidak hanya pada taraf pasal lokal, luar daerah atau pasar domestik saja.
Laporan ini disampaikan sebagai bentuk keseriusan peserta dalam mengikuti proses bimbingan dan konsultasi. Dan untuk kegiatan ini lebih difokuskan kepada Angkatan V karena peserta yang diutus adalah peserta yang mengikuti kegiatan pada Angkatan V sebagai angkatan terakhir.
Peserta
Kegiatan Bimbingan dan Konsultasi Peningkatan Standar Kompetensi Konsultan Pendamping LPB/BDS-P Angkatan V ini diikuti oleh 128 peserta dari berbagai daerah dari mulai Aceh hingga Papua. Untuk Riau sendiri mengutus 5 orang peserta yang berasal dari dua lembaga BDS-P yaitu BDS-P Bahtera Melayu Kabupaten Bengkalis (Defitri Akbar, Miswadi, Khairul Saleh dan M. Husni Lebra) serta BDS-P Microfin Kota Pekanbaru (Agus Rahmadana) sesuai dengan SPT Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Riau No. 094/Diskop/3.1/III/2012.
Khusus untuk peserta dari Kabupaten Bengkalis juga diutus berdasarkan SPT Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bengkalis No. 094/SPT/B.1/2012. 
Dasar pengiriman peserta berdasarkan Surat Deputi Pengembangan dan Restrukturisasi Usaha Kementerian Koperasi dan UKM RI No. 09/Dep.6/IV/2012 tertanggal 11 April 2012 tentang Peningkatan Kompetensi Konsultan Pendamping LPB/BDS-P.
Penyelenggara
Kegiatan bimbingan dan konsultasi ini diselenggarakan oleh Kementerian Koperasi dan UKM RI bekerjasama dengan Pusat Studi Pendampingan KUMKM LPPM Universitas Sebelas Maret Surakarta. Kepanitian kegiatan dilakukan oleh Universitas Sebelas Maret Surakarta sejak Angkatan I hingga Angkatan V (angkatan terakhir).
Pelaksanaan
Kegiatan bimbingan dan konsultasi ini diselenggarakan secara efektif selama 5 (lima) hari terhitung dari tanggal 22 s.d 26 April 2012. Pada tanggal 27 April 2012 peserta telah ceck out. Tempat penyelenggaraan kegiatan di Hotel Fave Jalan Adi Sucipto No. 60 Surakarta. Dalam pelaksanaan bimbingan dan konsultasi, peserta dibagi kedalam tiga kelas, dan untuk proses pelaksanaan kegiatan yang diselenggarakan sebagaimana pada jadwal pelaksanaan kegiatan.
Materi
Materi-materi yang disampaikan kepada peserta untuk masing-masing kelas, meliputi:
1.         Membangun Relasi Sosial dan Menyadarkan Kebutuhan Masyarakat
2.         Standar Kompetensi  Konsultan Bisnis
3.         Memfasilitasi Pemetaan Potensi Bisnis
4.         Memfasilitasi Analisis Profile Bisnis
5.         Mengelola Lembaga Keuangan Mikro
6.         Memfasilitasi Perencanaan Bisnis
7.         Mengelola Koperasi
8.         Mengelola Usaha Mikro, dan  Usaha
9.         Memberikan Konsultasi Bisnis  Sektor Informal dan Bisnis Eceran
10.     Memberikan Konsultasi Agribisnis dan Industri Rumah Tangga
11.     Strategi Promosi, Penetrasi, dan Akses Pasar
12.     Memberikan Konsultasi Bisnis Industri Kreatif dan Jasa
13.     Mengelola Usaha  Menengah dan Korporasi
14.     Mengenalkan Inovasi dan Menggali Kearifan Lokal Bagi Perbaikan Bisnis
15.     Mengelola Pelatihan
16.     Mengembangkan  Profesionalitas  Konsultan Bisnis
17.     Mengembangkan Jejaring  Antar Konsultan Bisnis
18.     Memfasilitasi Pelatihan
19.     Pendekatan Balance Scorecard dalam penyusunan rencana kerja koperasi
Standar Kompetensi
Standar kompetensi bagi konsultan pendamping LPB/BDS-P terdiri dari tiga modul utama meliputi Kompetensi Umum; Kompetensi Inti dan Kompetensi Khusus. Modul kompetensi ini merupakan kompetensi kerja konsultan pendamping BDS-P yang disusun oleh Kementerian Koperasi dan UKM bersama Dewan Pengurus Nasional Asosiasi BDS Indonesia.
Untuk modul kompetensi menurut versi 2011 meliputi: Kompetensi Umum (8 modul); Kompetensi Inti (5 modul); dan Kompetensi Inti (6 modul). Sedangkan menurut versi 2012 meliputi Kompetensi Umum (11 modul); Kompetensi Inti (9 modul); dan Kompetensi Inti (5 modul).


Evaluasi Partisipatif
Pada akhir kegiatan, dilakukan evaluasi partisipatif yang dilakukan oleh masing-masing peserta untuk melakukan penilaian terhadap: 1) fasilitator, 2) materi, 3) panitia, dan 4) akomodasi.
Kemudian dari seluruh hasil evaluasi yang dilakukan peserta dipilih lima hasil evaluasi untuk masing-masing item dan dibacakan oleh perwakilan peserta. Evaluasi ini menunjukkan bagaimana penyelenggaraan kegiatan ini di mata peserta sebagai komponen penting penerima out put kegiatan untuk diaplikasikan di lapangan. Beberapa catatan penting pada hasil evaluasi tersebut sebagai berikut:
1.         Fasilitator
Kritikan peserta terhadap beberapa fasilitator dilontarkan karena ada beberapa fasilitator yang monoton dalam pemaparan materi dan tidak mampu membangun suasana pelatihan.
2.         Materi
Hampir semua materi sesuai dengan kebutuhan peserta, meskipun kebutuhan waktu dalam pemaparan materi dirasa kurang mencukupi bagi peserta untuk berdiskusi lebih jauh.
3.         Panitia
Pada umumnya, apresiasi tinggi diberikan kepada panitia karena penyelenggaraan kegiatan mampu berjalan dengan baik dan lancar. Hampir tidak ada kritikan atau pendapat miring terhadap panitia, meskipun ada yang menyampaikan bahwa pada beberapa materi panitia tidak mendampingi fasilitator.
4.         Akomodasi
Kritikan terhadap akomodasi yang disediakan terutama pada persoalan konsumsi yang kurang sesuai dengan selera peserta, karena peserta berasal dari daerah yang berbeda-beda. Sementara standar makanan adalah masyarakat yang umum berdomisili di Jawa. Selain itu hampir tidak ada kritikan lain yang mengemuka.
Catatan-catatan Penting
Fasilitas bagi peserta:          
Selain fasilitas akomodasi dan transportasi yang disediakan penyelenggarakan bagi peserta, peserta juga diberikan materi yang dapat didownload jika peserta sudah menjadi anggota mailing list BDS. Selain itu beragam informasi dan konsultasi juga dapat diterima peserta. Fasilitas-fasilitas standar dalam suatu pelatihan juga diterima oleh peserta.
Focus Group Discussion:    
Dalam beberapa materi yang dipaparkan dilakukan FGD untuk memperoleh pendapat secara konkrit dari peserta terhadap suatu masalah yang dikemukakan. FGD ini hanya diselenggarakan selama 15 menit dengan peserta hanya dibagi dalam 3 kelompok.
Brainstorming:          
Selama proses pemaparan materi peserta diperkenankan untuk tanya jawab perihal materi yang disampaikan dan kaitannya dengan peran BDS terhadap KUMKM di daerah. Proses diskusi yang dilakukan secara brainstorming ini menjadikan suasana lebih hidup karena masing-masing peserta mampu mengemukakan pendapatnya, meskipun terkadang terjadi dominansi oleh beberapa peserta.
Networking: 
Masing-masing peserta diharuskan menjadi anggota mailing list BDS-P agar bisa memperoleh fasilitas-fasilitas dari panitia dan Asosiasi BDS Indonesia, berupa informasi, materi diklat dan lain-lain. terutama juga untuk dapat menyampaikan tugasnya masing-masing. Mailing list ini sekaligus menjadi sarana komunikasi aktif sesama BDS di Indonesia. Selain mailing list, komunikasi lainnya khusus Angkatan V difasilitasi dengan group facebook agar mampu berkomunikasi seputar BDS dan KUMKM di masing-masing daerah di Indonesia.
Tugas bagi peserta:  
Dalam kegiatan bimbingan dan konsultasi ini, masing-masing peserta diberikan tugas untuk menulis essay (artikel bebas) tentang pendapatnya terhadap peluang KUMKM dalam pasar bebas. Tulisan ini disampaikan kepada panitia melalui mailing list masing-masing. Selain essay, masing-masing lembaga BDS di daerah harus menyusun Rencana Bisnis dalam penyediaan jasa pelayanan kepada KUMKM.
Evaluasi materi dan pemateri:
Pada akhir pemaparan materi, setiap peserta diharuskan mengisi evaluasi terhadap materi yang disampaikan kepada peserta, meliputi kebutuhan materi bagi peserta hingga kesesuaian pemateri dalam memaparkan materi. Evaluasi ini dibutuhkan panitia sebagai evaluasi terhadap materi yang disampaikan dan bagi pemateri yang menyampaikan.
Penyusunan RTL pasca pelatihan:
Bagi peserta diharuskan menyusun Rencana Tindak Lanjut setidaknya selama tahun 2012 ini setelah pelatihan untuk melaksanakan kerjanya di daerah masing-masing. RTL ini akan dipantau melalui mailing list dan group facebook maupun pesan sms. RTL ini dimaksudkan agar masing-masing konsultan BDS-P terjadi peningkatan kerja BDS-P dalam berkiprah di masing-masing daerahnya bagi perkembangan KUMKM.

Dokumentasi

Penutup
Laporan ini disusun dan disampaikan sebagai bentuk keseriusan peserta dalam mengikuti kegiatan bimbingan dan konsultasi yang diselenggarakan kementerian Koperasi. Hasil pelatihan diharapkan mampu ditindaklanjuti dalam bentuk RTL dan pembekalan selama diklat diharapkan mampu diterapkan di masing-masing daerah oleh masing-masing BDS-P untuk memajukan dan mengembangkan KUMKM yang mandiri, dan mewujudkan Konsultan BDS-P yang professional. Dukungan kerjasama dan koordinasi efektif dari pemerintah melalui instansi terkait terutama Dinas Koperasi dan UKM di tingkat provinsi dan kabupaten sangat-sangat diharapkan. Oleh karena itu perlu dilakukan upaya koordinasi sebagai bentuk penyampaian progress kinerja BDS-P dan progress dari KUMKM di daerah dalam bentuk yang seefektif mungkin dan mudah untuk dilakukan.


Sekian dan Terima Kasih

JADWAL PELAKSANAAN BIMBINGAN DAN KONSULTASI PENINGKATAN
STANDAR KOMPETENSI KONSULTAN PENDAMPING LPB/BDS-P
(ANGKATAN V) TANGGAL 22 26 APRIL 2012, 
FAVE HOTEL JALAN ADI SUCIPTO No. 60 SURAKARTA

HARI PERTAMA; MINGGU, 22 APRIL 2012
No
Jam
Pokok Bahasan
Nara Sumber/Fasilitator
1
12.00 – 16.30
Kedatangan Peserta
Registrasi Peserta
Peserta
Panitia
2
16.30 – 18.00


Pembukaan
Laporan Ketua Panitia
Sambutan Rektor
Pengarahan Sekaligus Pembukaan


R. Kunto Adi, SP. MP
Ketua PSP-KUMKM LPPM UNS (Prof. Dr. Ir. Totok Mardikanto, MS)
Asisten Deputi Pemberdayaan LPB Kementerian Koperasi dan UKM RI
(Ahmad Zabadi, SH. MM)
2
18.00 – 19.00
Makan-malam
Hotel
3

19.00 – 20.00
Kontrak Belajar
Ramah-tamah/Ice Breaking
Ir. Heru Irianto, MM dan Drs. Samsul Hadi
Prof. Dr. Ir. Totok Mardikanto, MS
HARI KEDUA; SENIN, 23 APRIL 2012
No
Waktu
Kelas A
Kelas B
Kelas C
1
08.0009.30
Standar Kompetensi  Konsultan Bisnis; Drs. Pranoto, MSc
Standar Kompetensi  Konsultan Bisnis; Zaenal Arifin, SH.MM
Membangun Relasi Sosial dan Menyadarkan Kebutuhan Masyarakat; Rahadi, S.Pd (LPTP)
2
09.30 09.45
ISTIRAHAT
ISTIRAHAT
ISTIRAHAT
3
09.45 – 11.15
Memfasilitasi Pemetaan Potensi Bisnis;
Ir. Heru Irianto, MM
Memfasilitasi Analisis Profile  Bisnis; Prof. Dr. Ir. Endang SR, MS
Standar Kompetensi  Konsultan Bisnis; Zaenal Arifin, SH.MM
4
11.15 – 12.45
Memfasilitasi Analisis Profile Bisnis;
Prof. Dr. Ir. Endang SR, MS
Memfasilitasi Perencanaan Bisnis;
Drs. Samsul Hadi
Memfasilitasi Pemetaan Potensi Bisnis;
Ir. Heru Irianto, MM
5
12.4513.30
ISHOMA
ISHOMA
ISHOMA
6
13.3015.00
Memfasilitasi Perencanaan Bisnis;
Drs. Samsul Hadi
Membangun Relasi Sosial dan Menyadarkan Kebutuhan Masyarakat;
DR. Mahendra Wijaya, MSi
Memfasilitasi Analisis Profile Bisnis;
Agus widodo, SE.MSi.Akt
7
15.00 – 15.30
Istirahat
Istirahat
Istirahat
8
15.30 – 17.00
Membangun Relasi Sosial dan Menyadarkan Kebutuhan Masyarakat;
DR. Mahendra Wijaya, MSi
Memfasilitasi Pemetaan Potensi Bisnis;
R. Kunto Adi, SP. MP
Mengelola Lembaga Keuangan Mikro;
Hoesen Suseno
9
17.00 19.00
ISTIRAHAT DAN MAKAN-MALAM
ISTIRAHAT DAN MAKAN-MALAM
ISTIRAHAT DAN MAKAN-MALAM
10
19.00 – 20.30
Mengelola Lembaga Keuangan Mikro;
Dwi Hery Puspawati
Memberikan Konsultasi Bisnis  Sektor Informal dan Bisnis Eceran;
ARSANTO ST MT– HIPMI Solo
Memfasilitasi Perencanaan Bisnis;
Ir. Sapardi (LPTP)
HARI KETIGA; SELASA, 24 APRIL 2012
No
Waktu
Kelas A
Kelas B
Kelas C
1
08.0009.30
Mengelola Koperasi;
Drs. Mulyono, MSc
Mengelola Lembaga Keuangan Mikro;
Dwi Hery Puspawati/Hoesen Suseno
Mengelola Koperasi;
Suprawesti, SE
2
09.30 09.45
ISTIRAHAT
ISTIRAHAT
ISTIRAHAT
3
09.45 – 11.15
Strategi Promosi, Penetrasi, dan Akses Pasar; Farid Sunarto, S.Pd
Mengelola Koperasi; Agus Rohadi

Mengelola Usaha Mikro, dan  Usaha Kecil; Drs. Pranoto, M.Sc
4
11.15 – 12.45
Mengelola Usaha Mikro, dan  Usaha Kecil;
Drs. Pranoto, M.Sc
Strategi Promosi, Penetrasi, dan Akses Pasar; Farid Sunarto, S.Pd
Memberikan Konsultasi Bisnis  Sektor Informal dan Bisnis Eceran;
ARSANTO ST MT– HIPMI Solo
5
12.4513.30
ISHOMA
ISHOMA
ISHOMA
6
13.3017.00
Acara Bebas / Jalan-jalan
Acara Bebas / Jalan-jalan
Acara Bebas / Jalan-jalan
7
17.00 19.00
ISTIRAHAT DAN MAKAN-MALAM
ISTIRAHAT DAN MAKAN-MALAM
ISTIRAHAT DAN MAKAN-MALAM
8
19.0020.30
Memberikan Konsultasi Bisnis  Sektor Informal dan Bisnis Eceran;
ARSANTO ST MT– HIPMI Solo
Mengelola Usaha Mikro, dan  Usaha Kecil; Dra Fitri - LPTP
Memberikan Konsultasi Agribisnis dan Industri Rumah Tangga; Prof. Dr. Ir. Darsono, MSi
HARI KEEMPAT; RABU, 25 APRIL 2012
No
Waktu
Kelas A
Kelas B
Kelas C
1
08.1509.45
Mengelola Usaha  Menengah dan Korporasi; Ir. S. Edi Waluyo, MM
Memberikan Konsultasi Agribisnis dan Industri Rumah Tangga;
Prof. Dr. Ir. Darsono, MSi
Strategi Promosi, Penetrasi, dan Akses Pasar; Bambang Nugroho
2
09.45 10.00
ISTIRAHAT
ISTIRAHAT
ISTIRAHAT
3
10.00 – 11.30
Memberikan Konsultasi Agribisnis dan Industri Rumah Tangga; Prof. Dr. Ir. Darsono, MSi
Mengelola Usaha  Menengah dan Korporasi; Ir. S. Edi Waluyo, MM
Memberikan Konsultasi Bisnis Industri Kreatif dan Jasa; Amir Panzuri
4
11.30 – 13.00
ISHOMA
ISHOMA
ISHOMA
5

13.0014.30
Memberikan Konsultasi Bisnis
Industri Kreatif dan Jasa; Amir Panzuri
Mengenalkan Inovasi dan Menggali Kearifan Lokal Bagi Perbaikan Bisnis;
Dr. Mahendra Wijaya, Msi
Mengelola Usaha  Menengah dan Korporasi; Ir. S. Edi Waluyo, MM
6
14.30 – 15.00
ISTIRAHAT
ISTIRAHAT
ISTIRAHAT
7
15.00 – 16.30
Memfasilitasi Pelatihan;
Dr.Sapja Anantanyu, SP, MSi

Memberikan Konsultasi Bisnis
Industri Kreatif dan Jasa;
Amir Panzuri
Mengenalkan Inovasi dan Menggali Kearifan Lokal Bagi Perbaikan Bisnis;
Dr. Mahendra Wijaya, Msi
8
16.30 – 19.00
ISTIRAHAT DAN MAKAN MALAM
ISTIRAHAT DAN MAKAN MALAM
ISTIRAHAT DAN MAKAN MALAM
9
19.00 – 20.30
Mengenalkan Inovasi dan Menggali Kearifan Lokal Bagi Perbaikan Bisnis;
Dr. Mahendra Wijaya, Msi
Memfasilitasi Pelatihan;
Dr.Sapja Anantanyu, SP, MSi

Mengelola Pelatihan;
Prof. Dr. Ir. Totok Mardikanto, MS
HARI KELIMA; KAMIS, 26 APRIL 2012
No
Waktu
Kelas A
Kelas B
Kelas C
1
08.00 – 10.30
Mengembangkan Jejaring  Antar Konsultan Bisnis; Zaenal Arifin, SH.MM
Mengelola Pelatihan;
Prof. Dr. Ir. Totok Mardikanto, MS
Mengembangkan  Profesionalitas  Konsultan Bisnis; Drs. Samsul Hadi
2
10.30 – 10.45
ISTIRAHAT
ISTIRAHAT
ISTIRAHAT
3
10.45 – 12.15
Mengelola Pelatihan;
Prof. Dr. Ir. Totok Mardikanto, MS
Mengembangkan  Profesionalitas  Konsultan Bisnis; Drs. Samsul Hadi
Mengembangkan Jejaring  Antar Konsultan Bisnis; Zaenal Arifin, SH.MM
4
12.15 13.15
ISHOMA
ISHOMA
ISHOMA
5
13.15 – 14.45
Mengembangkan  Profesionalitas  Konsultan Bisnis; Drs. Samsul Hadi
Mengembangkan Jejaring  Antar Konsultan Bisnis; Zaenal Arifin, SH.MM
Memfasilitasi Pelatihan;
Dr.Sapja Anantanyu, SP, MSi
6
14.45 – 16.15
Pendekatan Balance Scorecard dalam penyusunan rencana kerja koperasi;
Kementerian Koperasi dan UKM
Pendekatan Balance Scorecard dalam penyusunan rencana kerja koperasi;
Kementerian Koperasi dan UKM
Pendekatan Balance Scorecard dalam penyusunan rencana kerja koperasi;
Kementerian Koperasi dan UKM
7
16.1516.30
ISTIRAHAT
ISTIRAHAT
ISTIRAHAT
9
16.30 17.45
Penyusunan RTL;
Drs. Samsul Hadi/ Ir. Heru Irianto, MM
Penyusunan RTL;
Drs. Samsul Hadi/ Ir. Heru Irianto, MM
Penyusunan RTL;
Drs. Samsul Hadi /Ir. Heru Irianto, MM
10
17.45 19.00
ISTIRAHAT
ISTIRAHAT
ISTIRAHAT
11
19.00 – 20.00
Evaluasi Partisipatif;
Prof. Dr. Ir. Totok Mardikanto, MS/
R. Kunto Adi, SP.MP
Evaluasi Partisipatif;
Prof. Dr. Ir. Totok Mardikanto, MS/
R. Kunto Adi, SP.MP
Evaluasi Partisipatif;
Prof. Dr. Ir. Totok Mardikanto, MS/
R. Kunto Adi, SP.MP
12
20.00 21.00
Penutupan Kementrian Koperasi dan UKM dengan PSP-KUMKM LPPM UNS
13
21.00 21.00
Ramah-tamah

STANDAR KOMPETENSI KONSULTAN PENDAMPING LPB/BDS-P
KOMPETENSI UMUM
No
KODE
UNIT KOMPETENSI
1.
BDS.KUMKM.A.01.11
Konsultasi Pemetaan Potensi Bisnis
2.
BDS.KUMKM.A.02.11
Layanan Analisis Profile Bisnis
3.
BDS.KUMKM.A.03.11
Layanan Survey dan Analisis Pasar
4.
BDS.KUMKM.A.04.11
Layanan Perencanaan dan Manajemen Penjualan
5.
BDS.KUMKM.A.05.11
Layanan Konsultasi dan Fasilitasi Bisnis
6.
BDS.KUMKM.A.06.11
Layanan Asesmen dan Program Pelatihan
7.
BDS.KUMKM.A.07.11
Advokasi Kebijakan
8.
BDS.KUMKM.A.08.11
Etika, Tata-Krama dan Tanggung Jawab Profesi
KOMPETENSI INTI
No
KODE
UNIT KOMPETENSI
9.
BDS.KUMKM.A.09.11
Konsultasi Manajemen Lembaga Keuangan Mikro
10.
BDS.KUMKM.A.10.11
Konsultasi Manejemen Koperasi
11.
BDS.KUMKM.A.11.11
Konsultasi Manejemen Usaha Mikro
12.
BDS.KUMKM.A.12.11
Konsultasi Manejemen Usaha Kecil dan Menengah
13.
BDS.KUMKM.A.13.11
Konsultasi Manejemen Korporasi
KOMPETENSI KHUSUS
No
KODE
UNIT KOMPETENSI
14.
BDS.KUMKM.A.14.11
Konsultasi Bidang Agribisnis dan Nelayan
15.
BDS.KUMKM.A.15.11
Konsultasi Bidang Pengrajin dan Industri Rumah Tangga
16.
BDS.KUMKM.A.16.11
Konsultasi Bidang Usaha Sektor Informal
17.
BDS.KUMKM.A.17.11
Konsultasi Bidang Pedagang Kecil dan Eceran
18.
BDS.KUMKM.A.18.11
Konsultasi Bidang Handycraft – Industri Kreatif
19.
BDS.KUMKM.A.19.11
Konsultasi Bidang Usaha Jasa



3 komentar: